nasi-biryani.jpg

Nasi Biryani

nasi-biryani

Selamat hari raya Iedul Fitri 1433 H, mohon maaf lahir dan batin.

Sehabis lebaran, bingung juga mau masak atau makan apa. Makan diluar kok lama-lama bosen juga ya. Nah.. kebetulan waktu nyonya ke pasar, dapat daging kambiang, biasanya daging kambing pagi-pagi sudah habis diborong, tetapi karena masih suasana lebaran, masih kebagian juga, jadi rupanya para pemakan daging kambing masih pada pulang kampung.

Nasi Biryani ini saya buat menggunakan bumbu kering yang sudah jadi, tinggal ditambahkan bumbu-bumbu basah saja. Memang penampakannya kurang menarik, karena bumbu tidak dicampur dengan berasnya (sesuai aturan dalam kemasan) dan juga tidak ditambahkan pewarna safron. Beras yang saya gunakan adalah beras biasa saja bukan beras basmati, hanya saja air menggunakan perbandingan volume 1:1.

Penanganan daging kambing juga harus mendapat perhatian. Kata orang-orang tua, daging kambing itu kalau ingin tidak bau, harus jangan dicuci dan jangan kena air dingin. Tapi setelah saya coba cara tersebut, memang bau prengus kambing-nya tidak tercium.

Yang dibelakangnya, itu adalah Semur Daging Kambing, resepnya sama dengan Semur Iga Sapi. Sekalian bikin untuk bekal ke kantor, karena kalau habis lebaran agak susah cari makan siang di kantor.

Resep

  • 1/4 kg daging kambing
  • 2 cup beras, cuci dan tiriskan
  • 2 cup air
  • 2 sdm bumbu kering nasi biryani
  • 8 butir bawang merah, iris halus
  • 1 buah tomat sedang, buang biji, cincang
  • 60 cc yoghurt (saya ganti dengan susu)
  • 4 sdm minyak / ghee
  • air panas secukupnya
  • garam sesuai selera

Bumbu Halus

  • 4 siung bawang putih
  • 1 jempol jahe

Cara

  1. Potong-potong daging kambing sesuai selera (tidak dicuci).
  2. Dalam wajan, panaskan minyak atau ghee, kemudian tumis bawang merah sampai wangi. Masukan daging kambing, dan aduk sampai berubah warna dan kelihatan berminyak (mengkilat).
  3. Tuang air panas (jangan pakai air dingin) secukupnya sampai daging terendam. Kecilkan api (sekecil mungkin sampai air hanya mendidih, tidak bergolak), tutup wajan dan masak sampai daging empuk kira-kira 1/2 jam.
  4. Masukan bumbu halus, bumbu kering jadi nasi biryani, tomat cincang, dan susu / yoghurt, serta garam sesuai selera. Masak dengan api kecil sampai bumbu wangi dan matang. Matikan api, sisihkan.
  5. Dalam panci, aron nasi dengan perbandingan volume beras dan air 1:1.
  6. Panaskan dandang. Taruh sebagian aronan nasi, kemudian tata daging kambing diatasnya. Siram kuah daging sedikit-sedikit pada nasi aron. Tutup dengan sisa aronan nasi, dan siramkan lagi kuah daging diatasnya. Kukus selama 45 menit.
  7. Hidangkan selagi panas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s