tom-yam-kung.jpg

Tom Yam Kung

tom-yam-kungLibur panjang, berarti acara temu keluarga, masak-masak, dan makan makanan berlemak dimulai. Kemarin pertemuan keluarga menunya sate ayam, dan soto babat. Belum lagi kue-kue, minuman manis dan es krim.

Jadi untuk masak di-rumah, pilih yang seger-seger seperti Tom Yam Kung ini. Kalau dari kadar kolesterol sih sama saja kayaknya, seafood gitu loh.

Minggu lalu sempat beli bumbu Tom Yam botolan, dan kelihatannya kurang meyakinkan. Jadi browsing dulu resep-resep Tom Yam, dan kelihatannya dasarnya hanya kaldu ayam/ikan, lengkuas, sereh, daun jeruk dan jeruk nipis, ditambah sambal cabai bakar (roasted chili paste).

Karena menggunakan bumbu jadi, langsung saja ke-cara saya memasaknya.

  1. Didihkan 1 liter kaldu ayam. Masukan 2 s.d 3 buah bawang merah yang dimemarkan, 2 siung bawang putih, 4 buah serai yang telah diiris halus bagian putihnya saja, 1 ruas ibu jari lengkuas yang diiris tipis-tipis, dan sekitar 4 buah daun jeruk purut yang dibuang batang tengah daunnya dan disobek-sobek, ditambah 10 buah cabai rawit merah (memarkan sedikit). Biarkan selama kurang lebih 5 menit sampai harum.
  2. Masukan 1 s.d 2 sdm pasta bumbu Tom Yam (atau roasted chili paste agar otentik), 3 sdm kecap ikan, 2 sdt garam, 2 sdt gula, dan 4 sdm air jeruk nipis. Atur rasa asin, asam  dan manisnya.
  3. Sampai saat ini, kuah dari Tom Yam sudah jadi, tinggal memasukan bahan-bahan lainnya seperti jamur, ikan dan udang. Jumlah jamur, udang dan ikan disesuaikan saja dengan porsi yang diinginkan. Dengan 1 liter kuah, bisa disiapkan hidangan untuk 4 s.d 6 porsi.
  4. Masukan jamur terlebih dahulu, tunggu sekitar 2 menit, kemudian masukan ikan dan udang. Masak selama 2 s.d 3 menit, kemudian masukan daun ketumbar (dari 2 batang ketumbar, ambil daunnya saja). Matikan api dan angkat.
  5. Hidangkan selagi panas.

Lesson learn yang saya dapat:

  • Jangan terlalu lama memasak udang, karena akan jadi keras dan kering. Sebaiknya udang dimasukan sebelum sup akan dihidangkan, jadi masih juicy.
  • Jangan kebanyakan gula, nanti jadi sayur asem ha..ha..ha…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s