Ontbijtkoek

ontbijkoekCake yang satu ini memang favorit saya, selain aroma rempahnya, rasanya juga tidak terlalu manis dan tidak bikin eneg.

Enak bener kalau sore-sore atau pagi-pagi minum kopi pahit ditemani dengan keik gula merah yang diolesi butter, yumm.

Kurang tahu soal spelling bahasa Belandanya, tapi mudah-mudahan benar deh kalau menurut Wikipedia, yang penting rasanya dong.

ontbijkoek_closePembuatan kue ini dibantu oleh Nyonya karena saya kurang paham soal istilah-istilah per-cake-an. Seperti “mengembang”, euleuh-euleuh ternyata harus dikocok lama banget sampai volume-nya berlipat ganda karena udara, dan ketika dituang ada “jejak-nya” yang bertahan sekitar 2 sampai dengan 3 detik. Untunglah, kalau tidak kan bisa jadi Bantatkoek.

Saya menggunakan gula kelapa biasa yang warnanya coklat pucat, jadi warna kue-nya juga ikut-ikut pucat. Mungkin kalau pakai gula merah yang merah kehitaman, warna kuenya jadi seru tuh.

Ontbijtkoek

Resep diambil dari buku “Kitab Masakan Sepanjang Masa”, cuma seperti biasa, ubah sana sini karena keterbatasan bahan dan selera.

Bahan

  • 100 gr kenari kering (tidak digunakan)
  • 200 gr tepung terigu (saya pakai Segitiga Biru)
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • 1/2 sdt cengkeh bubuk (karena tidak ada, saya pakai 1 sdt bumbu spekoek untuk mengganti cengkeh dan pala)
  • 1/2 sdt pala bubuk (tidak digunakan, lihat diatas)
  • 175 gr gula merah, iris (saya pakai gula kelapa 2 gandu seberat total 120 gr)
  • 100 gr gula pasir (saya pakai 50 gr aja biar tidak terlalu manis)
  • 7 kuning telur
  • 5 putih telur
  • 75 gr margarin, lelehkan (saya menggunakan plain butter / mentega tawar)

Cara

  1. Rendam kenari kering dalam air panas sampai kulitnya terkupas. Tiriskan, lalu iris kenari tipis-tipis. Sisihkan.
  2. Kocok telur bersama gula merah dan gula pasir sampai mengembang. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak bersama baking powder, bubuk kayu manis, bubuk cengkih, dan bubuk pala. Kemudian masukan margarin/ butter cair, aduk hingga tercampur.
  3. Tuang ke dalam cetakan kecil-kecil yang sudah dioles dengan margarin. Panggang dengan suhu 180 derajat celcius selama 10 menit. Keluarkan. Taburi irisan kenari di atasnya. Panggang kembali selama 30 menit atau sampai matang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s