Nasi Goreng Daging Asap

Nasi Goreng Daging AsapKalau abis Lebaran gini, serba repot. Mau masak males bersih-bersihnya, belum lagi tukang sampah masih mudik, jadi numpuk tuh sampah. Jadi harus bikin masakan yang irit sampahnya, dan irit bersih-bersihnya, dan bahan seadanya.

Nah… apalagi sih makanan yang simple selain nasi goreng. Setelah liat-liat kulkas, cuma tinggal telor dan daging asap, jadi bikinlah nasi goreng daging asap.

Dibuat super pedas (untuk ukuran saya) karena kebetulan lagi flu, hadeuh.. lebaran-lebaran kok flu.

Lanjutkan membaca Nasi Goreng Daging Asap

Ayam Goreng Mentega

Ayam Goreng MentegaRencananya setiap Sabtu atau Minggu selama bulan puasa ini, maunya masak-masak biar nunggu bedug (emang masih ada bedug jaman sekarang?) ga kerasa.

Tapi teori tinggal teori, yang ada kalau Sabtu dan Minggu tidur terus, biasa kompensasi 🙂

Nah, ini ayam sudah 1 minggu di freezer, jadi daripada rusak, langsung aja dimasak sesudah buka puasa, untuk lauk sahur. Karena males blender-blender, jadi masak yang pakai bahan-bahan yang gampang saja. Jadilah dipilih resep ayam goreng mentega (seadanya).

Lanjutkan membaca Ayam Goreng Mentega

PisTob: Pisang Toblerone

pistobIni idenya dari teman-teman kantor yang kalau pagi sering bawa jajanan PisCok atau pisang coklat yang mereka beli disekitaran stasiun kereta. Setelah dicoba satu, menurut saya terlalu manis karena coklatnya hanya menggunakan coklat tabur yang buat roti itu.

Terus… ngobrol-ngobrol ingat dengan makanan martabak toblerone yang katanya enak, saya sih belum pernah coba. 1 tambah 1 sama dengan 2 kan… Jadilah PisTob alias Pisang Toblerone tambah Keju.

Silaken dicoba, sengaja saya buat supaya tidak terlalu manis, jadi tidak pakai susu kental manis. Lanjutkan membaca PisTob: Pisang Toblerone

Ayam Bakar Taliwang

 

ayam-bakar-taliwangSudah lama tidak posting lagi karena sibuk melulu, Sabtu dan Minggu hanya sempat dipakai istirahat. Tapi minggu ini pengen banget nyoba Ayam Taliwang, jadi hari Minggu mulai masak-masak.

Setelah cari-cari resep di internet, akhirnya dipilih resep Ayam Bakar Taliwang dari Sajian Sedap, jadi kalau tertarik bisa langsung saja kesini.

Hasilnya cukup memuaskan, walaupun ada kesalahan yang saya buat yatiu membuat ayam terlalu empuk sehingga sulit pada saat membakarnya, dan yang suka pedas perlu tambah beberapa cabai rawit.

Nasi Biryani

nasi-biryani

Selamat hari raya Iedul Fitri 1433 H, mohon maaf lahir dan batin.

Sehabis lebaran, bingung juga mau masak atau makan apa. Makan diluar kok lama-lama bosen juga ya. Nah.. kebetulan waktu nyonya ke pasar, dapat daging kambiang, biasanya daging kambing pagi-pagi sudah habis diborong, tetapi karena masih suasana lebaran, masih kebagian juga, jadi rupanya para pemakan daging kambing masih pada pulang kampung.

Nasi Biryani ini saya buat menggunakan bumbu kering yang sudah jadi, tinggal ditambahkan bumbu-bumbu basah saja. Memang penampakannya kurang menarik, karena bumbu tidak dicampur dengan berasnya (sesuai aturan dalam kemasan) dan juga tidak ditambahkan pewarna safron. Beras yang saya gunakan adalah beras biasa saja bukan beras basmati, hanya saja air menggunakan perbandingan volume 1:1.

Lanjutkan membaca Nasi Biryani

Tom Yam Kung

tom-yam-kungLibur panjang, berarti acara temu keluarga, masak-masak, dan makan makanan berlemak dimulai. Kemarin pertemuan keluarga menunya sate ayam, dan soto babat. Belum lagi kue-kue, minuman manis dan es krim.

Jadi untuk masak di-rumah, pilih yang seger-seger seperti Tom Yam Kung ini. Kalau dari kadar kolesterol sih sama saja kayaknya, seafood gitu loh.

Minggu lalu sempat beli bumbu Tom Yam botolan, dan kelihatannya kurang meyakinkan. Jadi browsing dulu resep-resep Tom Yam, dan kelihatannya dasarnya hanya kaldu ayam/ikan, lengkuas, sereh, daun jeruk dan jeruk nipis, ditambah sambal cabai bakar (roasted chili paste).

Lanjutkan membaca Tom Yam Kung

Ice Cream Tanpa Mesin

IMG_3075Kalau sudah ngomongin es krim (ice cream), jadi ngiler banget deh. Tapi mau beli yang sudah jadi, kok kayaknya rasanya gitu-gitu saja. Boring banget deh.

Jadi kepikiran untuk beli mesin pembuat es krim, tapi harganya itu… alamak, mahal-mahal kali, dan kebanyakan yang dijual di Indonesia untuk jualan atau home industri.

Masih penasaran juga, googling kesana kemari, eh ketemu site ini

Easy Homemade Ice Cream without a Machine. Wah… kebetulan Nyonya suka bikin kue yang pakai frosting / whipped cream, jadi bisa langsung coba maksudnya.

Tetapi, sodara-sodara, ternyata…

Lanjutkan membaca Ice Cream Tanpa Mesin